Sab. Jan 16th, 2021

Kemenangan Joe Biden Bisa Akhiri Perang Dagang AS-China

Joe Biden dan Kamala Harris yang mendapat pengawalan ketat dari Secret Servis. (int/ist/reuters)

JAKARTA | www.korandesa.co.id – Kemenangan Joe Biden membawa potensi perang dagang antara China dan Amerika Serikat tidak menjadi lebih buruk. Ada harapan perang dagang AS dengan China, Eropa dan Meksiko akan berhenti.

“Ini cenderung membuat risiko pasar turun dan menurunkan votalitas pasar,” kata Direktur Investama, Hans Kwee di Jakarta, Minggu (08/11/2020).

Selain itu, jelas Hans Kwee, hal ini cenderung membuat mata uang dunia menguat terhadap USD termasuk Yuan, Euro dan Rupiah tidak tertinggal dan dalam beberapa hari mengalami penguatan signifikan. “Ini juga mendorong dana masuk ke aset berisiko di emerging market,” akunya.

Lebih lanjut, sambung Hans, di negara bagian dengan pertarungan ketat seperti Georgia, Pennsylvania, Arizona, dan Nevada, Joe Biden mampu memimpin setelah surat suara via pos dihitung.

Trump merasa dicurangi karena pembalikan arah suara ini. Di beberapa Negara bagian penting yang menentukan perhitungan suara Trump telah mengajukan gugatan hukum.

“Sehingga menaikan ketidak pastian pasar. Pemilu yang berakhir di pengadilan dikhawatirkan akan membuat pelaku pasar melakukan aksi ambil untung,” tegasnya. (int/okz)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *