Rab. Nov 25th, 2020

Tahun Depan… Uji Coba LRT Tanpa Masinis Bakal Dilakukan

Kereta LRT Jakarta. (ist/int/tiketblog)

JAKARTA | www.korandesa.co.id – Kereta layang ringan atau light rail transit (LRT) Jabodebek sampai saat ini terus memasuki tahap uji coba. Kereta LRT ini menghubungkan rute Cibubur-Cawang hingga Cililitan. Tahun ini LRT hanya akan menguji coba dengan masinis. Hal ini dikarenakan masih ada jalur lintasan rel yang belum beroperasi.

Namun, Commissioning Manager PT Inka, Dian Yudha mengatakan, tahapan tanpa masinis ini masuk dalam Grade of Automation (GoA) level 4 ini akan dilakukan pada tahun 2021. “Tahapan tanpa masinis akan dilakukan tahun depan. Kita ini bertahap karena ada 4 tahapan dalam menguji coba LRT,” kata Dian di Jakarta, Senin (26/10/2020).

Lebih lanjut, ujar Dian, tahapan Grade of Automation (GoA) level 4 bisa dilakukan jika semua infrastruktr rel untuk LRT sudah dibangun dengan lengkap. “Dilakukan jika semua pembangunan rel sudah selesai semuanya,” tegasnya.

Saat ini, progres pembangunan sarana dan prasarana LRT Jabodebek sudah mencapai 77,83 %. Tantangan terbesar dalam proyek pembangunan LRT Jabodebek adalah pemasangan girder. Meski begitu dirinya memastikan pengerjaan proyek tetap berjalan meski di tengah Pandemi Covid-19. (int/okz)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *