Rab. Okt 28th, 2020

Refleksi Hari Kesaktian Pancasila… Ini Kata Komjen Pol Agus Andrianto

Kabaharkam Mabes Polri, Komjen Pol Drs Agus Andrianto SH MH. (rill/Jhonson Siahaan/KORANDESA.CO.ID)

MEDAN | www.korandesa.co.id – Hari ini, Jumat (01/10/2020), suruh warga Negara Indonesia memperingati Hari Kesaktian Pancasila yang diperingati setiap tahunnya. Ideologi bangsa dan falsafah negara diuji oleh sejarah melalui rentetan peristiwa kekerasan, penghianatan dan perebutan kekuasaan.

Ditengah Pandemi Covid-19 yang saat ini masih mewabah, nilai-nilai Pancasila lah yang saat ini kita jadikan landasan. Hal ini disampaikan oleh Kabaharkam Mabes Polri, Komjen Pol Drs Agus Andrianto SH MH disela-sela kunjungan Supervisi Ops Aman Nusa II dan Asistensi Tahapan Pilkada Serentak 2020 di Provinsi Sumut.

Mantan Kapolda Sumut ini menyampaikan, pentingnya menjaga dan mengawal Pancasila sebagai konsensus Bangsa Indonesia. “Indonesia adalah negara kepulauan, terdiri atas masyarakat yang berbeda suku, agama, ras, bahasa dan budaya. Tentunya, masing-masing personal memiliki ego dan keinginan masing-masing,” kata Agus Andrianto.

Lebih lanjut, tambah Agus Andrianto, jika saat ini muncul kembali ego pribadi yang memaksakan keyakinannya, sukunya yang paling benar dan paling baik, apalagi sampai ingin mengganti Pancasila dengan ideologi yang diyakini sendiri, itu sama artinya kita mundur jauh ke belakang, yang semestinya sudah selesai 75 tahun yang lalu. “Jika dipaksakan, yang terjadi adalah konflik berkepanjangan karena satu sama lain merasa paling benar dan Indonesia bisa bubar,” tegas Agus Andrianto.

Sambung Agus Andrianto, disampaikan bahwa saat ini kita semua berupaya keluar dari Pandemi Covid-19. “Hilangkan ego-ego itu, mari bersatu agar kita bisa keluar dari pandemi Covid-19 ini,” himbau Agus.

Terkait Pilkada Serentak 2020, Agus Andrianto berharap agar Pilkada Serentak 2020 di Sumut ini dilaksanakan dengan damai, tertib dan mengedepankan protokol kesehatan. “Pilkada merupakan salah satu amanat konstitusi yang harus dilaksanakan. Pesta Demokrasi ini untuk menjamin hak masyarakat dalam menentukan pimpinannya,” jelasnya.

Agus Andrianto menambahkan, salah satunya dengan menyalurkan hak suara, namun, ada aturan yang harus dijaga dan harus selaras dengan nilai-nilai Pancasila yakni tidak menyebarkan HOAX, SARA, tidak kampanye hitam dan tidak menggunakan money politik. “Mari kita jaga Pilkada Serentak ini berlangsung damai, sehingga ekonomi bangkit dan kesejahteraan masyarakat dapat tercipta,” ungkapnya. (rill/Jhonson)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *